Tips Merawat Baju Warna Putih

- Tuesday, May 23, 2017



Warna putih adalah warna favorit bagi sebagian orang, dengan memakai baju warna putih bisa membuat pemakainya terlihat segar, cerah juga terkesan bersih, selain itu putih adalah warna dasar yang sangat mudah dipadu padankan dengan warna yang lain. Tetapi, sebagai warna yang paling terang, sedikit saja noda terdapat pada baju putih akan terlihat sangat jelas selain itu warna putih juga sering kali berubah menjadi kusam dan kekuningan membuat baju putih harus mendapatkan perawatan ekstra dibanding dengan baju berwarna lain, berikut beberapa cara untuk merawat baju putih kita :
  • Sebaiknya setelah dipakai segera rendam baju putih untuk mencegah bahan kimia seperti deodorant dan parfum terlalu lama menempel di baju kita sehingga menimbulkan noda kekuningan pada bagian kerah dan ketiak tetapi sebelumnya pastikan anda telah memisahkan baju putih dengan baju warna yang lain supaya baju putih kita tidak terkena lunturan dari baju lain.
  • Pada saat mencuci, gunakan detergen khusus untuk baju putih saat anda ingin menghilangkan noda yang menempel pada baju putih supaya hasilnya lebih maksimal, ini karena detergen khusus untuk baju putih mempunyai formula khusus untuk mencegah baju putih agar tidak cepat kusam, Jika baju putih Anda sudah terlihat kusam, Anda bisa merendam baju Anda dengan pemutih setelah baju dicuci dengan detergen. Rendam selama 30 menit sampai 1 jam untuk mendapatkan hasil terbaik.
  • Saat menghilangkan noda gosoklah bagian kerah, kantong baju dan ketiak secara manual.  bagian ini adalah tempat berkumpulnya kotoran yang sulit dibersihkan bila menggunakan mesin cuci, tetapi gosoknya jangan terlalu keras ya suoaya tidak merusak serat kain.
  • Jemur baju diterik matahari, bila sudah kering segera angkat baju dari jemuran
  • Setelah baju kering setrikalah  baju putih anda dengan temperatur yang tidak terlalu panas. Temperatur yang terlalu panas akan membuat baju putih Anda cepat berubah warna.
  • Untuk menjaga agar baju putih tetap rapi gunakan gantung baju / hanger berbahan plastik atau kayu. Hindari menggunakan gantungan berbahan besi yang dapat menyebarkan karat ke baju anda.

Selain menggunakan detergen atau pemutih dari bahan kimia, kita juga bisa menggunakan beberapa bahan tradisional untuk mencerahkan baju putih kita diantaranya adalah :
  1. Buah mengkudu, caranya adalah siapkan buah mengkudu yang sudah matang kemudian ambil airnya. Lalu, campur air perasan mengkudu dengan air bersih dalam satu ember kecil. Rendam baju putih Anda selama satu jam kemudian cuci dan bilas, setelah itu Anda dapat mencucinya menggunakan deterjen seperti bisa.
  2. MSG /  vetsin - MSG / vetsin dapat digunakan untuk menghilangkan noda darah, minyak, minuman, dan makanan pada baju putih Anda. Caranya adalah dengan merendam baju putih di dalam air yang sudah dibubuhi satu sendok teh MSG / vetsin. Setelah dikucek sebentar, lalu cucilah seperti bisa
  3. Garam & jeruk nipis - Garam & jeruk nipis dapat digunakan untuk memutihkan kembali baju putih Anda yang kusam, caranya adalah dengan merendam baju putih menggunakan sedikit garam, perasan air jeruk nipis, dan air selama semalam. Besoknya anda dapat mencuci pakaian tersebut seperti biasa.

    Demikianlah cara merawat baju putih supaya warnanya tetap cerah dan selalu terlihat baru, silahkan dicoba dan lihat hasilnya.




.
Advertisement
 

Start typing and press Enter to search