Ps4 live streaming

Mengenal Lidah Buaya yang banyak Manfaatnya



Aloe Vera atau lebih dikenal dengan lidah buaya adalah sejenis tanaman kaktus yang tumbuh di daerah beriklim tropis, maka dari itu tanaman ini banyak kita temui di Indonesia. Tanaman ini sangat kaya manfaat karena mengandung banyak nutrisi dan vitamin, vitamin B1 ( Thiamine ) adalah vitamin yang dominan dikandung oleh lidah buaya, selain itu lidah buaya juga mengandung mineral berupa kalsium, zat besi, dan fosfor. karbohidrat, lemak, bahkan protein juga bisa kita dapatkan dari tanaman mengagumkan ini. karena kandungannya yang sangat banyak ini maka banyak pula manfaat yang bisa kita dapatkan, diantaranya adalah :

1. Mengobati jerawat

Kabar baik bagi yang sedang mengalami masalah dengan kulitnya karena salah satu manfaat lidah buaya bagi kecantikan adalah sebagai obat jerawat. Lidah buaya mengandung senyawa aktif yang disebut polifenol sebagai agen anti bakteri. Komponen ini dapat membantu menghilangkan jerawat pada wajah anda dengan mencegah pertumbuhan bakteri yang memicu terbentuknya jerawat. Jangan lupa untuk mencuci wajah anda terlebih dahulu lalu oleskan kandungan gel lidah buaya pada bagian wajah yang berjerawat setiap pagi dan sore, lakukan secara rutin sampai jerawat pada wajah hilang dan tidak muncul lagi.
2. Mempercepat penyembuhan luka di kulit

Senyawa glukomanan dan gliberelin yang dikandung oleh lidah buaya ini bermanfaat untuk  meningkatkan sirkulasi darah, pembentukan kolagen serta  mencegah kematian sel di daerah sekitar luka sehingga mengurangi munculnya bekas luka. Cuci luka hingga bersih dan pastikan perdarahan pada luka sudah berhenti. Jika luka sayatan masih berdarah, hentikan perdarahan terlebih dahulu dengan menekan luka menggunakan kasa. Anda cukup mengeluarkan gel lidah buaya dengan memotong lidah buaya menjadi dua bagian. Oleskan gel tersebut ke bagian kulit yang mengalami luka.  Luka-luka yang dapat anda obati dengan lidah buaya antara lain adalah luka bakar, luka gigitan serangga, dan luka terpotong

3. Membantu mengobati herpes

Siapa yang tidak pernah mendengar tentang penyakit ini? Herpes adalah salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi Herpes Simplex Virus (HSV). Ditandai dengan munculnya bintik-bintik merah bergerombol berisi gelembung-gelembung air pada kulit, yang terasa panas dan gatal .Herpes bersifat kambuh-kambuhan atau dapat muncul kembali setelah sembuh bila sistem imun anda sedang turun. Untuk mengobati herpes, bagian lidah buaya yang dapat digunakan adalah 0.5% ekstrak lidah buaya yang telah diolah dalam bentuk krim. Anda dapat menemukan produk ini dengan berbagai merk di pasaran. Oleskan krim ini 3x sehari selama 5 hari sampai 2 minggu. Perlu diingat bahwa lama penyembuhan penyakit herpes sangat ditunjang oleh sistem imun tubuh yang baik.

4. Mempercepat penyembuhan sariawan atau luka di mulut

Tak jarang kita mendapati mulut kita mengalami sariawan akibat tergigit, terluka saat menyikat gigi dengan keras, ataupun saat kita kekurangan vitamin C. Untuk mempercepat penyembuhan luka sariawan, anda dapat menggunakan lidah buaya sebagai campuran saat berkumur atau langsung mengoleskan gel lidah buaya pada bagian yang mengalami luka. Kandungan vitamin C lidah buaya dapat mempercepat penyembuhan sariawan. Selain itu, kandungan zat lupeol dalam lidah buaya bersifat sebagai antiseptik dan membantu mengurangi rasa nyeri di mulut. Untuk penggunaan gel lidah buaya secara langsung, anda dapat mengoleskan 2-3x sehari sampai luka sariawan sembuh. Sedangkan sebagai larutan kumur, anda dapat melarutkan 2 sendok makan gel lidah buaya ke dalam air bersih dan gunakan untuk berkumur selama 2 menit. Lakukan cara ini 4x sehari untuk mempercepat penyembuhan luka sariawan. Metode ini telah terbukti memiliki efek penyembuhan yang sama dengan penggunaan obat kortikosteroid yang biasa dioleskan untuk menyembuhkan luka di mulut.

5. Membantu pengobatan beberapa penyakit kulit, diantaranya psoriasis, dermatitis / eksim,panu, dan bisul

Bagi sebagian orang yang menderita psoriasis tentu merasa sangat terganggu dengan penyakit kulit ini. Bercak-bercak merah yang sering muncul dengan rasa gatal disertai kulit yang mengelupas muncul akibat reaksi autoimun dalam tubuh. Penyakit kulit ini terjadi karena sistem imun dalam tubuh salah mengenali antibodi sendiri sebagai musuh, sehingga muncul reaksi perlawanan berupa penyakit kulit psoriasis. Dalam pengobatan psoriasis, lidah buaya mengandung senyawa alprogen yang dapat menghambat reaksi autoimun tersebut. kelembaban dari lidah buaya dapat mengurangi gejala rasa gatal di kulit. begitu pula dengan dermatitis atau eksim yaitu peradangan pada kulit yang sering muncul pada kulit sensitif, terutama pada daerah dengan cuaca yang panas. Kulit akan tampak merah, muncul bintik-bintik, dan juga gatal. Lidah buaya dapat membantu mengatasi masalah eksim yang anda alami. Sensasi dingin dari gel lidah buaya dapat mengurangi rasa gatal dan senyawa seperti alprogen dan C-glukosil yang terkandung di dalamnya dapat menghambat reaksi peradangan dan meredakan ruam merah yang muncul. Iris lidah buaya untuk mendapatkan gelnya. Kemudian oleskan gel lidah buaya tersebut pada daerah yang terkena eksim atau dermatitis 2x sehari hingga gejala eksim menghilang. Selain sebagai agen anti bakteri, gel lidah buaya juga memiliki kemampuan sebagai agen anti jamur. Salah satu kandungan dalam lidah buaya dapat menghambat pertumbuhan jamur yang sering muncul sebagai panu di kulit. Oleskan gel lidah buaya ke area kulit yang terinfeksi panu dan biarkan selama 10-15 menit. Setelah itu bilas gel dengan menggunakan air bersih.Ulangi langkah ini 2x sehari hingga panu di kulit anda menghilang. Bisul merupakan penyakit kulit yang sangat sering menyerang anak-anak. Saat ini anda tidak perlu susah-susah lagi mencari salep yang tepat. Cukup manfaatkan lidah buaya untuk mengobati bisul tersebut. Anda cukup menumbuk daunnya dan tambahkan garam, lalu tempelkan di lokasi bisul anda berada. Buka tempelan setelah beberapa jam dan bisul pun akan ikut pecah terangkat.

6. Menjaga keremajaan kulit
Telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa lidah buaya memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan kulit, salah satunya yaitu menjaga keremajaan kulit. Kandungan antioksidan yang ditemukan dalam lidah buaya dapat melawan radikal bebas yang berperan dalam proses penuaan kulit. Selain itu, gel lidah buaya juga terbukti dapat meningkatkan produksi kolagen yang mempertahankan elastisitas kulit sehingga kulit tampak senantiasa kencang dan terlihat segar. Gunakan gel lidah buaya sebagai masker ke seluruh badan termasuk wajah dan biarkan selama 20 menit.Setelah itu bilas dengan menggunakan air bersih. Lakukan metode ini 2x dalam seminggu untuk mendapatkan kulit awet muda sesuai yang anda inginkan.

7. Membantu menghilangkan plak pada gigi

Plak pada gigi sering membuat seseorang menjadi tidak percaya diri untuk tersenyum. Salah satu penyebab munculnya plak gigi yaitu adanya zat yang dihasilkan oleh bakteri yang terdapat pada rongga mulut. Untuk mengatasi hal tersebut, anda dapat menggunakan lidah buaya sebagai larutan kumur.Hal ini telah dibuktikan dalam suatu penelitian yang menyebutkan bahwa jus lidah buaya dapat menghambat pertumbuhan bakteri di dalam rongga mulut. Selain itu, lidah buaya juga memiliki efektifitas yang sama dengan senyawa klorheksidin yang terdapat pada obat kumur dalam menghilangkan plak gigi sekaligus memutihkan gigi anda yang kuning.Potong 1 tangkai tanaman lidah buaya dan cuci hingga bersih.Selanjutnya potong tanaman lidah buaya menjadi bagian yang lebih kecil kemudian masukkan ke dalam blender dengan menambahkan sedikit air. Berkumurlah dengan menggunakan jus lidah buaya tersebut selama 2-3 menit kemudian lanjutkan dengan berkumur menggunakan air bersih. Lakukan langkah ini secara teratur 2x sehari selama 15-30 hari.

8. Mengatasi sembelit & Wasir

Selain ampuh menjaga kesehatan kulit, lidah buaya dapat dikonsumsi untuk memberikan efek dari dalam tubuh. Salah satu manfaat mengkonsumsi lidah buaya yaitu mengatasi sembelit/konstipasi/susah buang air besar. Kali ini bukan efek dari gel lidah buaya yang dimanfaatkan, tetapi bagian korteks lidah buaya yang berada tepat di bawah kulit daun. Bagian korteks ini memiliki komponen yang disebut dengan aloin/barbaloin yang memiliki efek laksatif. Efek laksatif membuat lidah buaya dapat digunakan sebagai pencahar untuk melancarkan buang air besar. Aloin bekerja sebagai agen laksatif dengan meningkatkan pergerakan usus dan melunakkan feses (kotoran sisa pencernaan yang akan dikeluarkan). Wasir merupakan penyakit yang kebanyakan mengganggu manusia yang memiliki aktivitas padat dan makan makanan kurang berserat. Penyakit ini dapat diatasi dengan menggunakan lidah buaya. Konsumsilah lidah buaya dengan dicampur oleh madu dan air hangat. Konsumsi ramuan lidah buaya ini secara rutin tiga kali satu hari sebelum atau sesudah makan.

9. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Lidah buaya memiliki banyak kandungan antioksidan. Antioksidan ini sangatlah tinggi manfaatnya. Salah satunya adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan melawan radikal bebas. Sehingga konsumsi lidah buaya sangat dianjurkan karena dapat mencegah penyakit-penyakit yang menyerang tubuh anda. Anda dapat mengolah lidah buaya menjadi jus lidah buaya. Setelahnya anda dapat mengonsumsinya dengan teratur. Konsumsilah satu kali dalam sehari baik di pagi hari ataupun malam hari.

10. Melakukan Detoksifikasi / Pengeluaran Racun dalam Tubuh

Manfaat dari protein yang ada di dalam lidah buaya adalah untuk menetralkan racun-racun yang masuk ke dalam tubuh manusia. Racun-racun ini sangat berbahaya dan dapat mengancam kesehatan tubuh. Oleh karena itu, konsumsi lidah buaya sangat dianjurkan karena dapat meningkatkan keefektifan dari penetralan racun. Konsumsi lidah buaya dapat dilakukan dengan mengolahnya menjadi jus seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

11. Program Diet / Mengurangi Berat Badan

Lidah buaya merupakan buah yang tinggi akan protein. Sehingga kandungan protein dalam lidah buaya membuat lidah buaya sangat cocok untuk dikonsumsi saat diet. Kandungan proteinnya dapat mencukupi kebutuhan tubuh dan kandungan lemak dan karbohidratnya tidak mengkhawatirkan untuk mengganggu program diet anda. Selain itu, kandungan serat pada lidah buaya pun dapat membantu untuk melancarkan pencernaan dan membuat anda lebih cepat kenyang. Oleh karena itu, konsumsilah lidah buaya sebagai bagian dari program diet anda. Anda dapat mengonsumsinya dalam bentuk jus lidah buaya.

12. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Kandungan nutrisi dalam lidah buaya dapat membantu mencegah inflamasi dan juga menurunkan tekanan darah. Selain itu, ekstrak dari lidah buaya yang disuntikkan ke dalam darah dapat meningkatkan kemampuan sel darah merah untuk terdifusi dan mentransportasi oksigen. Sehingga resiko serangan jantung pada manusia yang mengonsumsi lidah buaya sangatlah kecil. Dan kesehatan kardiovaskular pun dapat terjaga.

13. Baik dikonsumsi Oleh Penderita Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang banyak menyerang manusia saat ini. Penyakit ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh karena pola hidup yang tidak sehat. Faktanya, lidah buaya dapat memembantu mengatur kadar gula darah akibat kandungan 3 senyawa penting didalamnya. Tiga senyawa dalam lidah buaya yang mampu membantu penyakit diabetes adalah lektin, mannans, dan anthraquinones. Oleh karena itu, lidah buaya sangatlah dianjurkan dikonsumsi dalam bentuk jusa oleh penderita diabetes.

14. Membantu Sistem Pencernaan

Lidah buaya sangat bermanfaat bagi manusia untuk setiap umur. Salah satu manfaatnya adalah untuk membantu proses pencernaan. Lidah buaya dapat membantu fungsi usus untuk menyerap protein dalam makanan dan meminimalisir kebiasaan sering mulas. Konsumsilah lidah buaya secara rutin sebagai obat pencernaan anda sehari-hari.

15. Meningkatkan Alkalisasi Tubuh

Alkalisasi pada tubuh manusia merupakan proses yang dilakukan untuk menjaga kadar keasaman tubuh. Lidah buaya merupakan tanaman yang dapat meningkatkan proses alkalisasi tersebut, karena sifatnya yang bersifat alkali. Oleh karena itu untuk menjaga kadar asam tubuh, sangat dianjurkan untuk meminum jus lidah buaya setelah makan.

16. Melebatkan Rambut

Lidah buaya sudah diketahui oleh umum sebagai salah satu bahan dasar dalam berbagai jenis shampoo. Salah satu manfaat lidah buaya untuk rambut adalah meningkatkan pertumbuhannya, sehingga rambut menjadi lebih lebat. Lidah buaya memiliki kandungan enzim yang mampu membuang sel kulit mati yang menghambat pertumbuhan rambut. Selain itu alkalisasi dari lidah buaya juga dapat membuat kadar pH rambut menjadi lebih baik dan normal, sehingga rambut pun dapat tumbuh lebih lebat.

17. Mencegah Peradangan Kulit Kepala

Peradangan pada kulit kepala sering terjadi pada anda yang memiliki kulit kepala sensitive. Lidah buaya mampu mencegahnya dengan kandungannya berupa bradykinase dan enzim analesgic anti-inflammatic, serta asam salisilat. Kandungan-kandungan tersebut menyebabkan kulit kepala tidak mudah terjadi gatal dan iritasi lagi. Oleskan lidah buaya secara teratur pada kulit kepala anda untuk penggunaan.

18. Mencegah Kerontokan Rambut & Menjaga Kelembaban Rambut

Kandungan protein pada gel lidah buaya sangatlah baik untuk rambut. Salah satunya adalah manfaatnya untuk mencegah rambut rontok. Gel lidah buaya dapat menguatkan rambut hingga ke akarnya dan mencegah rambut mudah patah dan menjadi rontok.Gel lidah buaya yang ditempelkan pada rambut secara rutin dapat menjaga rambut tidak kering. Kondisi rambut yang lembab dan sehat tentu lebih diidamkan daripada rambut kering yang rusak. Oleh karena itu, salah satu manfaat lidah buaya adalah juga menjaga kelembaban rambut. Lidah buaya memiliki gel yang teksturnya mudah meresap melalui kulit kepala. Nutrisi dari lidah buaya tersebut dapat mencukupi kebutuhan nutrisi kulit kepala dan rambut. Sehingga rambut tidak mudah terkena penyakit dan selalu terjaga kebutuhan nutrisinya.Lidah buaya memiliki kandungan asam yang dapat membantu untuk memusnahkan ketombe di kulit kepala. Anda cukup mengoleskan gel yang didapatkan dengan membelah lidah buaya ke seluruh bagian kulit kepala secara rutin. Jika sudah diamkan selama setengah jam dan bilas dengan bersih. Jika dilakukan dengan rutin, hasilnya akan lebih maksimal.


19). Menjaga Kelembaban Kulit Tubuh

Gel lidah buaya yang ditempelkan pada seluruh permukaan kulit tubuh seperti lulur akan memberikan manfaat yang sangat baik. Penggunaan lulur lidah buaya secara rutin dapat menjaga kulit tetap lembab dan tidak kering. Kondisi kulit yang lembab akan mampu menangkal sinar matahari yang menyengat kulit. Oleh karena itu, salah satu manfaat lidah buaya adalah juga menjaga kelembaban kulit.


20. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat lain lidah buaya dalam dunia kecantikan adalah untuk mencegah penuaan di usia yang masih muda. Dengan rutin menggunakan gel lidah buaya pada wajah, kerutan-kerutan wajah dapat dicegah. Kulit pun terlihat lebih sehat dan segar tidak kusam.

21. Mengurangi Bekas Stretch Mark

Bagi anda ibu melahirkan, stretch mark menjadi kompleks yang sangat anda pikirkan. Anda dapat membantu menguranginya dengan menggunakan gel lidah buaya. Gunakan secara rutin dan anda akan mendapatkan bekas stretch mark menghilang perlahan-lahan.

22. Melebatkan Alis Mata

Gunakan gel lidah buaya pada alis mata anda sebelum anda tidur. Gunakan secara rutin dan bersihkan ketika anda bangun di pagi hari. Penggunaan yang rutin akan mempercepat alis mata anda tumbuh lebih tebal dan lebat.


23. Menjaga Kesehatan Bulu Mata

Bagi anda yang sering menggunakan mascara untuk bulu mata, anda harus menjaga kesehatan bulu mata dari bahan-bahan kimia. Oleskanlah gel lidah buaya pada bulu mata dengan hati-hati dan diamkan selama setengah jam. Cuci hingga bersih dan lakukan secara rutin.

Demikianlah beberapa manfaat yang dapat dirasakan dari lidah buaya, sangat banyak kan?  Semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba.
Previous
Next Post »