Manfaat Buah Lemon

- Friday, May 12, 2017


Buah Lemon
Lemon adalah salah satu jenis jeruk yang banyak diminati sekarang ini, meskipun harganya lebih mahal dari jenis jeruk yang lain tetapi banyak orang tetap mencarinya. Lemon ini dibudidayakan di Spanyol, Argentina, Brazil, dan Negara-negara di sekitar Amerika Serikat. Rasa asam yang dimiliki buah lemon sangat menyegarkan. Sari lemon sering dijadikan sebagai campuran dalam berbagai masakan atau minuman segar. Dalam buah lemon terdapat nutrisi yang baik , Kalori, Protein, Lemak, Karbohidrat, Vitamin C, Zat thiamin, Vitamin B-6, Asam pantotenat, Kalsium, Zat besi, Magnesium, Fosfor, serta Kalium, dengan banyaknya kandungan yang ada dalam buah lemon sudah tentu banyak juga manfaat yang kita dapat dari jeruk lemon ini, diantaranya adalah :

1. Untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Vitamin C yang terdapat dalam buah lemon bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan bakteri, jamur, serta virus yang bisa datang ke tubuh kita tanpa diduga. Bahkan lemon berkasiat jug untuk menyembuhkan penyakit cacingan, serta membantu melawan sel Kanker, karena kandungan vitamin C nya sangat tinggi serta bioflavonoid di dalamnya, lemon bermanfaat supaya tubuh terhindar dari penyakit flu, Campurlah lemon dengan madu dan air hangat, ini sangat membantu untuk menyerap lebih banyak zat besi untuk menjaga kekebalan tubuh menjadi lebih baik.

2. Menyeimbangkan Keasaman (pH) tubuh

PH tubuh yang rendah  menyebabkan banyak resiko terserang penyakit, contohnya penyakit asam urat atau asam lambung. Tubuh kita yang asam ( pH tubuh rendah ) dapat diseimbangkan dengan mengkonsumsi lemon secara teratur, ini karena ketika lemon masuk ke dalam tubuh maka sifatnya akan berubah jadi basa. Minumlah air lemon dengan rajin untuk menetralisir masalah asam urat, adanya peradangan, atau nyeri yang diakibatkan oleh asam urat.

3. Melancarkan Pencernaan


Lemon bermanfaat untuk memperlancar pembuangan sisa sisa pencernaan kita, dengan minum lemon bisa meningkatkan gerakan peristaltik di perut, ini berkasiat agar buang air besar (BAB) bisa lancar dan teratur, kita akan terhindar dari gangguan sakit perut. Jus lemon juga membantu hati dalam memproduksi empedu, membantu menjaga makanan bergerak melalui tubuh dan saluran pencernaan menjadi lancar. Rasa mual karena naiknya asam lambungpun dapat dihindari .yang perlu kita tahu adalah lemon tidak cocok jika dicampur dengan susu jadi jangan mengkonsumsi keduanya secara bersamaan ya.Yang paling disarankan untuk kesehatan pencernaan yaitu menambahkan jus lemon ke dalam air hangat, kemudian minum di pagi hari.


4. Memutihkan gigi.

Kalsium yang terkandung dalam perasan lemon dapat digunakan sebagai cairan pemutih gigi, campurlah perasan lemon dengan baking soda kemudian oleskan pada gigi, tunggu sekitar 1 menit, kemudian sikat gigi dan berkumurlah dengan air yang bersih, kandungan asam dan natrium bikarbonat yang anda dalam campuran tersebut dapat memutihkan gigi, Tapi hal ini tidak boleh dilakukan terlalu sering karena asam dalam perasan lemon ini bisa merusak email gigi.


5. Membersihkan Usus.

Buah lemon berkhasiat untuk meningkatkan kontraksi otot di usus, hal ini  membuat gerakan usus menjadi lancar teratur, sehingga racun racun yang ada dalam tubuh dapat dikeluarkan. Konsumsilah segelas air lemon setiap pagi hari.

6. Mengatasi Masalah Rambut dan Ketombe

Penyebab terjadinya rambut rontok biasanya karena ketombe dan kerusakan pada akar rambut. Hal ini dapat kita atasi dengan memanfaatkan buah lemon, caranya adalah gunakan perasan air lemon untuk masker sebelum keramas, usap-usapkan air lemon ke kulit kepala sambil dipijat, setelah itu diamkan sekitar 5-10 menit lalu bilas dengan air bersih dan keramas dengan shampo seperti biasa.

7. Kesehatan jantung dan mencegah stroke

Vitamin C yang terkandung dalam buah lemon berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung kita, Vitamin C ini dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah, menurunkan tekanan darah, serta mencukupi HDL ( kolesterol baik ) dalam tubuh kita, maka dari itu lemon sangat baik untuk jantung.

8. Kesehatan otak

Dalam kulit lemon terkandung zat phytonutrient, atau yang disebut dengan tangeretin, yang bermanfaat untuk meminimalisir masalah pada otak seperti penyakit Parkinson.Selain itu juga bermanfaat dalam melindungi sel-sel otak.

9. Mengatasi kanker

Beberapa penelitian para ahli sudah menunjukkan bahwa ekstrak lemon memiliki khasiat untuk menghancurkan sel-sel ganas dalam berbagai jenis kanker di tubuh, termasuk kanker usus, kanker payudara dan kanker paru-paru, disamping itu konsumsi lemon tidak tidak menganggu atau merusak sel-sel sehat.

10. Kesehatan Hati

Mengkonsumsi air lemon ini dapat  membantu proses detoksifikasi organ vital hati, yang merangsang produksi empedu, melarutkan asam urat, dan membuang racun.Asam sitrat yang terkandung di dalam lemon berkhasiat untuk memaksimalkan fungsi enzim yang merangsang kinerja organ hati, yang dapat memaksimalkan proses detoks pada tubuh secara keseluruhan melalui air kencing.

11. Kesehatan dan Mencerahkan Kulit 

Lemon memilki kandungan vitamin C yang banyak, hal ini memicu pembentukan zat kolagen di dalam tubuh, Kolagen menjadi salah satu zat penyusun kulit, dimana pembentukan zat kolagen menjadi sangat baik dan optimal ketika kandungan vitamin C jumlahnya mencukupi di dalam tubuh sehingga kesehatan kulit bisa terjaga, lemon juga dapat meminimalisir kerutan kulit,menghilangkan sel sel kulit mati serta  menyehatkan kulit secara umum.

12. Mengatasi bibir pecah-pecah.

Kandungan vitamin C di dalam lemon berkhasiat untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang terdapat pada bibir, sel-sel kulit mati itulah yang membuat bibir kering.caranya adalah oleskan  irisan lemon segar pada bibir secara perlahan (sekedarnya saja), diamkan selama 2-3 menit saja, lalu basuh dengan air hingga bersih, lakukan secara teratur.

13. Mencegah dan Mengobati Jerawat.

Kandungan antibakteri yang dimiliki oleh buah lemon bermanfaat untuk membunuh bakteri jerawat pada wajah. Selain itu juga berguna untuk menghindari infeksi, peradangan dan membersihkan pori-pori yang tersumbat pada wajah.

14. Bisa dimanfaatkan sebagai sabun cuci muka (facial foam)

Banyak orang-orang menggunakan facial foam untuk membersihkan wajah dari kotoran dan debu. Tetapi facial foam yang merupakan buatan pabrik, tentunya banyak mengandung bahan-bahan kimia, yang bisa memberikan resiko bagi kulit. Untuk itu ada cara alami dalam membersihkan wajah. Seperti menggunakan buah lemon.Caranya mudah, Kamu hanya perlu menggosokkan perasan air lemon pada wajah. Perasan atau sari lemon ini terbukti dapat dengan baik untuk mengangkat kotoran dan bakteri di wajah, terutama setelah melakukan pekerjaan atau aktifitas.

15. Melawan radikal bebas.

Salah satu pemicu resiko tubuh terkena kanker karena radikal bebas yang berlebihan, yang dapat mengacaukan sistem tubuh. Bahaya radikal bebas secara umum yaitu merusak sel-sel tubuh. Di dalam lemon terdapat kandungan antioksidan (vitamin C) yang berkhasiat untuk menangkal dan menetralisir radikal bebas, sehingga melindungi tubuh dari timbulnya pemicu kanker.Vitamin C dan antioksidan ini yang paling utama dibutuhkan oleh kulit, karena dapat menetralkan radikal bebas yang menumpuk akibat terkena paparan sinar matahari (yang berlebihan), serta karena faktor usia.


16. Untuk menurunkan berat badan

Lemon sering digunakan oleh orang-orang yang melakukan diet. Air perasan lemon dapat mengurangi berat badan. Lemon juga membantu untuk memperlancar metabolisme tubuh. Untuk menggunakannya sebagai penurun berat badan, pertama-tama campurkan jus lemon dengan sedikit madu dan air, setelah itu minum dua kali sehari, atau boleh juga sekali sehari, tergantung kondisi dan keadaan. Beberapa penelitian awal menunjukkan hasil bahwa mengonsumsi lemon mampu untuk menekan nafsu makan dan juga menurunkan berat badan.

17. Mencegah sesak nafas atau asma

Asma atau sesak nafas bisa dicegah dengan mengkonsumsi kandungan vitamin C yang mencukupi untuk kebutuhan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsi vitamin C yang mencukupi untuk tubuh, ternyata lebih jarang terkena serangan asma dibandingkan dengan mereka jarang mengkonsumsi vitamin C.

18. Mengatasi nyeri inflamasi.

Buah lemon bermanfaat untuk melawan asam urat secara alami, dengan mengurangi kehadiran kristal yang mengakibatkan rasa nyeri pada tubuh.

19. Menstabilkan tekanan darah tinggi.

Kandungan kalium pada lemon banyaknya hampir sama seperti kandungan kalium pada pisang, yang berkhasiat mengontrol tekanan darah yang tinggi, pusing dan mual. Sehingga lemon dapat berguna untuk mengatasi pikiran yang berat dan kalut, serta mengurangi rasa stres dan depresi.

20. Mempercepat proses penyembuhan.

 Kandungan vitamin C pada lemon berkhasiat untuk mempercepat penyembuhan luka dan membantu proses pemulihan. Vitamin C memiliki sifat anti-inflamasi.

21. Membuat nafas segar.

Aroma lemon terbukti mampu mengangkut aroma yang tidak sedap di dalam mulut, sehingga mulut menjadi segar. Tetapi jangan terlalu sering berkumur dengan air lemon, karena bisa merusak email gigi.

22. Meningkatkan mood.

Peneliti dari McGill University menunjukkan hasil penelitiannya bahwa pemberian suplemen vitamin C (sebanyak 500 mg dua kali sehari) bagi pasien rawat inap yang kekurangan vitamin C, berkhasiat meningkatkan suasana hati (mood) mereka.


Demikian manfaat dari buah lemon yang dapat kita dapat, tidak ada salahnya jika dicoba di rumah, semoga bermanfaat.

Advertisement
 

Start typing and press Enter to search