Ps4 live streaming

Rahasia dan Manfaat Berolahraga Renang

Sudah terbukti banyak rahasia dan manfaat di balik olahraga renang, para ilmuan dan peneliti juga mengatakan hal yang sama dan membenarkannya. Karena olahraga renang adalah olah raga sangat berpotensi menunjang kesehatan serta menyeimbangkan suhu badan. 

manfaat renang
Banyak hal yang terungkap di balik olahraga renang, salah satunya adalah Nabi Muhammad yang dulu selain gemar menunggang kuda, beliau juga gemar berolahraga renang. Kemudian para ilmuan khususnya islam meneliti secara detail mengenai olahraga yang digemari Nabi Muhammad ini dan hasilnya pun sangat menakjubkan. Kemudian ilmuan itu menyimpulkan bahwa segala sesuatu yang dikerjakan Nabi Muhammad Saw maka itulah hal yang sangat benar dan di balik kebenaran itulah ada sebuah hikmah dan manfaat.

Berikut adalah rahasia olahraga renang, jika dilakukan secara rutin.

1. Menyehatkan tubuh
Pastinya seluruh unsur yang bernuasa olahraga akan menyehatkan tubuh, tak terkecuali dengan olahraga renang ini, walaupun banyak orang mengatakan bahwa olahraga renang tidak bisa mengeluarkan keringat. Itu salah. Sebenarnya berolahraga renang mengeluarkan keringat namun dalam kadar yang sangat minim, rasakan saja ketika Anda mencoba berenang bolak-balik dari ujung ke ujung, apa yang Anda rasakan? Pasti terasa sangat lelah dan sedikit gerah. Kegerahan itu sebenarnya mengeluarkan sedikit air keringat.

2. Membantu Pertumbuhan Tulang
Dengan berenang pasti semua alat gerak akan bergerak sebagai mana fungsinya. Tapi olah raga berenang memang beda dari olahraga lainnya, pasalnya olahraga ini selalu bersentuhan dengan air langsung. Yang bisa membantu pertumbuhan tulang yaitu air itu sendiri, semakin lama dan semakin sering tubuh kita terkena air maka semakin baik juga pertumbuhan tulangnya. Ini disebabkan karena air meresap ke dalam tulang sampai ke sumsum tulang sehingga dapat mencegah pengeroposan (osteoporosis) dan mampu melunakkan tulang yang tadinya kering menjadi lembab, sehingga tulang mudah untuk berkembang dan sehat.

3. Memperbaiki kenerja paru-paru
Semakin lama seseorang menyelam di kedalaman air maka paru-paru pun akan merespon 100 kali lipat lebih tajam dibandingkan paru-paru pada orang yang tidak sama sekali mencoba menyelam di kedalaman air.

4. Memperbesar kapasitas pernapasan
Paru-paru yang dilatih dengan berenang maka paru-paru itu akan berkembang menyesuaikan diri dengan kebiasaan seseorang yang suka berenang. Ini bisa membuat paru-paru si perenang menjadi lebih lebar dan mampu menampung kapasitas udara yang lebih banyak dari biasanya. Tidak heran jika para qiroah senang dengan olah raga renang.

5. Membuat Percaya Diri
Orang yang sering berenang tak disadari akan memiliki rasa percaya diri yang amat besar. Mungkin banyak orang belum mempercayainya karena mereka belum membuktikkannya sendiri. Coba Anda amati orang yang hobinya berenang maka ia akan menunjukkan sikap percaya diri dimanapun ia berada.

6. Membuat Berani
Memang tak dapat dipungkiri jika rasa percaya diri dan sifat pemberani tidak dapat dipisahkan. Itulah yang akan muncul ketika seseorang sering dan suka berenang.

7. Sigap dan Tanggap
8. Menghilangkan Stress
Ketahuilah bahwa saat kita berenang maka semua alat gerak akan bergerak mengikuti perintah otak, saat itulah hormon endorfin keluar yang salah satu efeknya membuat hati tenang, rileks dan enjoy dan kembali fres lagi.

9. Membakar Kalori
10. Membentuk Otot
Gerakan yang dilakukan saat renang sangat efektif sehingga tidak heran kalau atlet renang memiliki otot kaki yang kuat serta bentuk tubuh yang proporsonal.

Demikian share kali ini mengenai manfaat olahraga renang yang dapat saya bagikan, ini merupakan sebuah ekperimen saya selama 6 bulan ini, sehingga menghasilkan tulisan seperti di atas. Dan apabila ada tulisan yang salah dan tidak sesuai mohon maaf lahir batin, karena di sini saya hanya berbagi pengalaman dan mengepentingkan kebersamaan dalam berbagi. 

Baca juga artikel sebelumnya mengenal tentang penyakit asma. Terima kasih telah berkunjung.
Previous
Next Post »