Ps4 live streaming

Mengenal Lebih Dekat Penyakit Asma

Asma merupakan suatu penyakit akibat dari penyempitan saluran pernapasan karena hiperaktivitas terhadap rangsangan tertentu yang ditandai dengan napas tersendak-sendak atau sesak napas, batuk disertai mengi yang disebabkan oleh penyempitan saluran napas, biasanya akan menimbulkan peradangan. Asma asal kata dari “asthma” berasal dari bahasa Yunani yang artinya sukar napas.

Penyempitan saluran pernapasan merupakan respon pada paru-paru. Pemicu dari penyempitan saluran pernapasan ini dapat ditimbulkan dari serbuk sari, debu, bulu, asap, udara dingan dingin dan olahraga.

tentang asmaAsma timbul dari otot polos bagian bronki mengalami kejang dan jaringan yang jaringan yang melapisinya mengalami pembengkakan karena adanya peradangan (inflamasi) dan pelepasan lendir ke dalam saluran udara. Hal ini sangat menyusahkan pelaku penyakit asma untuk bernapasan hanya dengan berusaha sekuat tenaga agar dapat bernapas.

Sel mastosit ini yang menyebabkan awal terjadinya penyempitan. Mastosit di sepanjang bronki melepaskan bahan seperti histamin dan leukotrien yang menyebabkan terjadinya kontraksi otot-otot polos, pembentukan lendir, perpindahan sel darah putih tertentu ke bronki. Mastosit inilah yang mengenali sekaligus merospon benda-benda asing (alergen) yang masuk ke dalam tubuh, seperti debu halus, serbuk sari, bulu bintang dan semacamnya.

Namun, asma kemungkinan bisa timbul tanpa alergi tertentu. Seperti orang yang melakukan kegiatan olahraga pada keadaan dingin. Cemas dan stres mampu memicu lepasnya histamin dan leukotrien.
Selain penyebab timbulnya asma yang telah tertera di atas, asma juga timbul akibat tingginya rasio plasma bilirubin akibat dari stres oksidatif yang dipicu oleh oksidan.

Setiap orang berbeda-beda kemampuan dan ketahanan tubuhnya. Penderita asma kebanyak terbebas dari gejala-gejala yang diteorikan dan langsung mengalami serangan sesak napas dalam kurun waktu singkat dan sifatnya ringan. Selain itu penderita juga bisa mengalami batu-batuk disertai mengi (bengek) dan mengalami serangan hebat setelah menderita infeksi virus. Menangis dan tertawa terbahak-bahak kemungkinan akan menimbulkan gejala batuk berkepanjangan terutama diwaktu malan hari atau cuaca dingin.

Serangan asma terjadi dengan tiba-tiba ditandai napas yang berdesis (mengi, bengek), batuk dan sesak napas. Serangan biasanya berlangsung beberapa menit bahkan beberapa jam tergantung tingkat asmanya.

Jika pada anak-anak bisa berupa rasa gatal pada leher atau dada. Batuk kering terjadi pada malam hari atau saat olah raga, itu merupakan identifikasi satu-satunya gejala asma.
Selama serangan asma, sesak napas bisa menjadi semakin berat, sehingga timbul rasa cemas. Sebagai reaksi terhadap kecemasan, penderita juga akan mengeluarkan banyak keringat. Kadang alveoli (kantong udara di paru-paru) dapat pecah sehingga menyebabkan udara yang terkumpul pada rongga pleura atau menyebabkan udara terkumpul di sekitar rongga dada dan leher.

Salah satu cara untuk memperkuat diagnosa bisa dilakukan check up spirometri berulang. Spirometri ini digunakan untuk menilai beratnya penyubatan saluran udara dan memantau pengobatan.

Baca juga artikel menarik lainnya, tentang varises dan manfaat di balik menikah.
Previous
Next Post »