Biografi KH. Hasyim Asy’ari (Pendiri NU)

KH. Hasyim Asy’ari lahir pada tanggal 10 April 1875, di Desa Gedang, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Dan pada tanggal 25 Juli 1947 (72 tahun) beliau dimakamkan di Tebu Ireng, Jombang. Beliau merupakan pendiri Nahdhatul Ulama, organisasi massa Islam terbesar di Indonesia serta putra dari Kyai Asy’ari. Beliau adalah ulama sekaligus pemimpin dari Pondok Pesantren Keras, berada di selatan Jombang. Sementara ibunda beliau bernama Halimah, memiliki silsilah keturunan dari Raja Brawijaya VI, yang dikenal dengan Lembung Peteng, ayahanda dari Jaka Tingkir (Raja Pajang). Sedangkan keturunan ke delapan dari Jaka Tingkir adalah kakenya, Kyai Ustman yang memimpin Pondok Pesantren Gedang, dengan seluruh santri berasal dari Jawa pada akhir 19. Ayah dari kakek beliau yaitu Kyai Sihah yang merupakan pendiri Pondok Pesantren Tambak Beras, Jombang. Di kalangan Nahdhiyin dan ulama pesantren KH. Hasyim Asy’ari dijuluki Hadratus Syeikh yang berarti maha guru.

Biografi KH. Hasyim Asy'ariKH. Hasyim merupakan putra ketiga dari sebelas bersaudara. Sejak beliau berumur 14 tahun telah banyak mendapat wejangan serta pengajaran tentang ilmu agama langsung dari ayah dan kakek beliau. Berbagai motivasi besar yang beliau dapatkan dari kalangan keluarga, serta minat besar dalam menuntut ilmu yang beliau miliki, membuat KH. Hasyim Asy’ari muda tumbuh menjadi seorang yang pandai. Beliau juga pernah mendapat sebuah kesempatan yang diberikan sang ayah untuk membantu mengajar di pesantrennya, karena kepandaian beliau.

Ketika usia menginjak 15 tahun, beliau berkelana (mondok) di pesantren lain. Hal ini karena beliau merasa belum cukup menimba ilmu yang diterima sebelumnya. Tak hanya satu pondek pesantren saja beliau singgahi, tapi banyak pondok pesantren yang disinggahinya, antara lain menjadi santri di Pesantren Wonokoyo (Probolinggo), Pesantren Langitan (Tuban), Pesantren Trenggilis (Semarang), Pesantren Siwalan, Panji (Sidoarjo). Ketika beliau merantau di Ponpes Siwalan beliau belajar kepada Kyai Jakub, dan akhirnya beliau dijadikan menantu Kyai Jakub.

Pada tahun 1892, KH. Hasyim Asy’ari menunaikan ibadah Haji, beliau di Mekkah sekaligus menimba ilmu kepada Syech Ahmad Khatib dan Syech Mahfudh At-Tarmisi, merupakan guru di bidang Hadist. Ketika pulang, KH. Hasyim Asy’ari menyempatkan diri untuk singgah ke Johor, Malaysia. Di sana beliau mengajar kepada para santri sampai tahun 1899.

Kyai Hasyim Asy’ari mendirikan ponpes di Tebuireng yang kelak menjadi pesantren terbesar dan terpenting di tanah Jawa pada abad ke-20. Mulai tahun 1900, beliau memosisikan Pesantren Tebuireng menjadi pusat pembaruan bagi pengajaran Islam Tradisional.

Dalam pesantren tersebut bukan hanya ilmu agama yang diajarkan, namun juga pengetahuan umum ikut mengiringi pengajaran agama Islam. Para santri belajar membaca huruf latin, menulis dan membaca buku-buku yang berisi pengetahuan umum, berorganisasi, dan berpidato. Cara demikian mendapat sambutan tidak mengenakkan dirinya, karena dikecam bid’ah. Meskipun kecamatan itu terus bergulir tapi beliau tetap teguh dalam pendiriannya.

Menurutnya, mengajarkan agama Islam berarti memperbaiki manusia. Mendidik para santri dan menyiapkan mereka untuk terjun ke masyarakat, adalah salah satu tujuan utama perjuangan Kyai Hasyim Asy’ari. Meski mendapat kecaman, pesantren Tebuireng menjadi masyur ketika para santri angkatan pertama berhasil mengembangkan pesantren di berbagai daerah dan ikut manjadi besar.

Baca juga biografi lainnya, Biografi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul artikel : Biografi KH. Hasyim Asy’ari (Pendiri NU)
Ditulis Oleh
Rating : 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Semua artikel produksi Share Aja telah dipatenkan oleh Copyscape dan dilindungi Undang-undang. Apabila ingin mengutip artikel Biografi KH. Hasyim Asy’ari (Pendiri NU), mohon untuk mencantumkan link aktif ke artikel ini. Kritik dan saran yang membangun dapat disampaikan melalui komentar atau kontak kami. Terima kasih atas perhatian Anda.

4 komentar:

  1. dimana ya bisa membeli buku tentang biografi singkat KH Hasyim asy'ari sang pencerah,sejarah pemikiran dan tokoh modernisasi islam dan tokoh Pembaharuan islma di indonesia... trims klo ada kasih tahu via e-mail nobita.cool12@yahoo.com tugas skripsi

    ReplyDelete
  2. thank's gan info'nya ...
    ditunggu kunbalnya >>> http://ayobelajarbareng.blogspot.com

    ReplyDelete

Share Aja merupakan media online seputar informasi dan tips yang dapat membantu Anda dalam mencari sebuah solusi.

 

Informasi

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net free search engine submission Bloggers - Meet Millions of Bloggers backlinks exchange gratis indonesia W3 Directory - the World Wide Web Directory Ping your blog, website, or RSS feed for Free Page Ranking Tool Protected by Copyscape Online Copyright Search Future Google PR for rejo-mulyo.blogspot.com - 4.88