Ps4 live streaming

10 Cara Mengatasi Makan Berlebihan akibat Stress



Pada dasarnya banyak yang tidak tau akibat-akibat dari stress. Sebenarnya strees itu memiliki dampak negatif terhadap diri kita sendiri. Akibat dari strees itu sendiri mungkin memunculkan sikap-sikap yang tidak wajar pada diri kita. Sebagai contoh makan yang berlebihan akibat dari kekesalan strees atau bisa disebut pelampiasan.

Nah kali ini kami mencoba sharing kepada sobat Share Aja tentang  Cara Mengatasi Makan berlebihan akibat Stress.

Berikut adalah 10 langkah Mengatasi Makan berlebihan akibatStress:

1. Membuat Catatan tentang Makanan


Buatlah catatan/diari makanan dengan menuliskan berbagai jenis, termasuk jumlah yang Anda makan ketika Anda mengalami stress. Tuliskan apa saja yang memicu kestressan Anda. Hal ini akan membuat Anda tersadar dari kebiasaan buruk itu dan membantu Anda menguranginya masa berikutnya.


2. Makan Tepat Waktu


Makanlah secara teratur dan pilihlah cemila/makanan yang mengandung serat tinggi, buah-buahan, sayuran, yoghurt rendah lemak dan keju untukmemecah siklus dimana Anda ingin membuka lemari es dan makan makanan enak namun tak sehat secara terus-menerus.


3. Cari Makanan Rendah Indeks Glikemi
 

Pastikan sebagian besar karbohidrat yang Anda konsumsi memiliki indeks glikemi (GI) rendah untuk menghasilkan energi yang tahan lama. Pasta, beras merah, kacang kering dan ubi jalar merupakan contohyang baik untuk jenis makanan tersebut. Untuk cemilan,
 Anda bisa mencoba wortel, stik seledri, brondong jagung (popcorn) tanpa mentega dan kue beras.

4. Siapkan Makanan Sehat di Rumah
Untuk mencegah kebiasaan melampiaskan strees pada makanan tak sehat, sediakan selalu cemilan yang sehat dan lezat di rumah. Misalnya buah segar, telur, biskuit, keju, roti gandum dan yoghurt rendah lemak.

5. Rileks


Cari tahu apa yang bisa membuat Anda merasa rileks. Bisa jadi jalan-jalan, olahraga di gym, mandi, meditasi, pijat atau menghabiskan waktu dengan pasangan Anda? Lain kali jika Anda merasa strees, alih-alih melampiaskannya kemakanan penenang yang tidak sehat, atasi strees dengan menikmati salah satu kegiatan favorit Anda itu.


6. Hargai Diri Anda


Banyak orang yang memberi penghargaan kepada dirinya sendiri dengan makanan seperti keripik dan kue cokelat. Waspadai apa yang Anda lakukan itu dan carilah alternatif seperti membeli majalah yang bagus atau menonton film di bioskop.


7. Berhenti Khawatir


Tak kunjung berhenti khawatir terhadap berbagai hal yang mungkin terjadi adalah perilaku yang sia-sia. Terkadang ada banyak hal yang berada di luar jangkauan Anda dan tersiksa karenanya takkan menghasilkan apapun.


8. Bergeraklah!


Olahraga teratur mengontrol kadar gula darah Anda, oleh karena itu aktivitas tersebut memiliki tendensi untuk mengurangi selera makan Anda. Jadi lain kali jika Anda ingin makan keripik untuk melampiaskan stres, segera pasang sepatu olahraga Anda dan bergeraklah!


9. Jangan Tenggelamkan Diri Anda


Jika menginginkan sesuatu, Anda boleh saja memilikinya namun usahakan dalam jumlah yang kecil saja. Menenggelamkan diri Anda pada hal-hal tertentu yang menjadi kesukaan Anda, apalagi bila dilakukan selama minimal tiga hari hanya akan membuat Anda ketagihan dan menerima konsekuensi yang merugikan suatu hari nanti.


10. Kenali Diri Anda


Banyak orang yang makan untuk menenangkandirinya karena merasa tidak layak, kurang percaya diri, pencitraan diri yangrendah, kecemasan, emosinya tersakiti dan sedih. Cari tahu apa penyebab Anda melakukan kebiasaan makan itu dan konsultasikan pada ahlinya jika perlu.

Semoga postingan ini bermanfaat untuk kita semua. Sayangilah diri kita sendiri sebelum kita merugi.. oke.. sampai jumpa sobat Share Aja..
Previous
Next Post »