Ps4 live streaming

Tips Menjaga Mata Tetap Sehat ketika Sering Menatap Monitor

Mata merupakan alat indra manusia yang sangat vital, karena dengan alat indra ini kita dapat melihat alam sekitar dan menyukuri kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa. Maka dari itu, harus benar-benar dijaga sedini mungkin supaya tidak terjadi hal-hal yang fatal dengan mata kita. Begitu juga saatbekerja terlalu lama di depan komputer harus menjaga ekstra mata kita supaya tetap segar dan sehat seperti mata normal lainnya.

Dengan menjaga mata, pastikan kita mengikuti prosedur-prosedur yang ada karena seperti yang kita ketahui bahwa mata juga perlu perawatan seperti halnya tubuh yang setiap hari dikuras tenaganya untuk selalu bekerja. 

Kelelahan pasti akan terasa ketika berjam-jam menatap monitor disertai dengan timbulnya mata kemerah-merahan dan pedih serta gatal-gatal itu menandakan menurunnya tingkat kelembaban mata akibat kekeringan pada bola mata kita. Selain itu, tekanan bola mata juga meningkat sehingga dapat berakibat buruk jika dibiarkan berlarut-larut. Kondisi ini biasa mengakibatkan Computer Vision Syndrome yang bisa mengakibatkan kerusakan pada korne, sakit kepala kronis dan bahkan bisa mengakibatkan kerusakan mata yang sifatnya permanen.


1. Setting layar monitor agak redup
Agar tidak terjadi peperangan cahaya antara monitor dan ruangan maka salah satunya harus menurunkan intensitas cahayanya supaya mata tetap aman dan tidak terjadi akomodasi mata akibat dari cerahnya cahaya monitor yang bisa membuat mata cepat perih dan lelah.

2. Atur ketinggian monitor
Ketinggian monitor terhadap jarak lurus pandang mata menatap ke depan adalah 2 sampai 5 cm di bawahnya, diukur dari posisi badan tegap. Posisi tersebut akan mengurangi intensitas cahaya yang langsung menembus korne mata sehinga mata kita aman dari cerahnya sinar monitor.

3. Selalu mengedipkan mata
Secara tidak disengaja, kita melakukan hal yang agak fatal karena ketika menatap monitor biasanya kita kurang sadar dan lupa untuk mengedipkan mata sehingga frekuensi kedipan mata menurun akhirnya cepat lelah dan pusing. Untuk menjaga kesetabilan frekuensi kedipan mata, kita gunakan obat tetes mata yang mampu menjaga kelembaban mata kita.

4. Mengistirahatkan mata tiap 15 menit
 Jika benar-benar tidak sempat untuk beranjak bangun mengistirahatkan mata, maka lakukan di tempat duduk dengan mengalihkan pandangan ke penjuru jauh ke depan atau ke samping kurang lebih jaraknya 7 sampai 10 meter. Lakukan hal tersebut setiap kali 15 menit. 

5. Mengonsumsi sayuran
Untuk menjaga kesehatan mata kita perlu asupan gizi yang kompleks karena dengan mengonsumis sayuran semua kebutuhan tubuh khususnya nutrisi akan terpenuhi. Perbanyak makan wortel untuk mendapatkan vit A yang lebih. Dan buah-buahan yang dianjurkan adalah pepaya atau apel. 

Sekian tips yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi Anda yang bekerja dikantoran atau yang suka bermain komputer. Salam sejahtera dan salam sehat untuk kita semua.

Previous
Next Post »