Penyebab dan Menyembuhkan Sariwan secara Efektif

- Wednesday, June 04, 2014
Menyembuhkan Sariwan - Seringkali penulis merasa ada yang aneh di dalam mulut. Terasa sakit saat menelan dan perih saat membuka mulut lebar-lebar. Kemudian dilihatlah di hadapan cermin seraya membuka mulut, terlihatlah bercak berwarna keputih-kuningan dengan permukaan agak sedikit cekung. Setelah dilihat secara seksama ternyata adalah sariawan.

Sariawan atau dalam bahasa ilmiahnya adalah stomatitis aftos. Merupakan luka yang terjadi di selaput lendir mulut yang berwarna keputih-kuningan berbentuk cekung. Sariwan seringkali menjadi benalu dalam mulut karena bisa mengganggu dalam aktivitas kesehariannya khususnya yang biasa hobi berbicara. Dengan adanya sariawan maka diamlah hobi seseorang yang terkena penyakit sariawan ini. Ini juga dapat menyiksa perasaan saat melakukan aktivitas makan.

1. Tergigitnya selaput mulut. Bisa disebabkan sedang ngobrol asik dengan lawan bicara yang tidak di sengaja tergigit selaput mulutnya hingga luka agak lebar dan mengeluarkan darah. Atau bisa juga ketidak hati-hatian saat memakan makanan sehingga tak sadar mulutnya tergigit sendiri.

2. Kekurangan vitamin B 12, vit C, dan zat Besi
3. Penggunaan produk yang kurang tepat dan cocok sehingga akan mengakibatkan kelemahan pada selaput mulut. Misalnya, pasta gigi dan sejenisnya yang berkontak langsung dengan mulut.

Menyembuhkan Sariwan4. Tidak terjaganya kebersihan mulut. Semakin bersih kondisi mulut maka tidak akan mudah terkena penyakit di dalam mulut. Khususnya sariawan dan gigi.

5. ketidakcocokan suhu lingkungan yang bisa mengakibatkan penurunan daya kekebalan terhadap bakteri tertentu.

6. Terlalu sering mengonsumsi makanan-makanan panas dan pedas. Itu sangat tidak dianjurkan. Dalam kesehatan sangat merugikan karena ketika makan makanan panas maka lapisan endodermis di mulut akan rusak dan menyebabkan luka pada selaput mulut.


Sekarang, coba ingat-ingat lagi kenapa Anda bisa mengalami sariwan yang begitu menyakitkan? Jawaban bisa Anda ketahui sendiri di atas.

Nah, sekarang akan sedikit dibahas tentang bagaimana cara menghilangkan rasa sakit dan mengobati sariawan, yaitu dengan,

1. Pasta yang mengandung Garam dan Baking Soda
Meracik obat sendiri dengan Garam dan Baking Soda yaitu dengan cara mencampurkan kedua bahan tersebut kemudian mengoleskannya di permukaan sariawan tersebut. Tunggu hingga 5-10 menit lalu basuh dengan menggunakan air putih.

2. Air Kelapa
Air ini banyak manfaatnya salah satunya bisa membantu mempermudah proses pencernaan, juga dapat mengatasi dehidrasi, tidak lain juga dapat mengobati sariawan.

3. Daun Jambu Biji
Orang-orang dahulu biasa menggunakan cara ini untuk mengobati rasa sakit sariawannya dengan Daun Jambu Biji. Caranya dengan memilih jambu biji yang masih muda kemudian dilipat, dan di dalam lipatannya itu diberi garam agar terasa tidak pahit setelah itu dikunyah hingga tersisa ampas dari daun jambu tersebut.

4. Pisang dengan Madu
Haluskan pisang dengan diblender atau sejenisnya lalu campur dengan madu kemudian oleskan ke permukaan sariawan.

5. Konsumsi buah-buahan
Buah-buahan mampu memberikan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh kita, salah satunya yaitu vitamin C.

6. Minyak Kelapa dan Madu
Minyak kelapa bersifat protektif terhadap bakteri sehingga ketika minyak kelapa ini dicampur dengan madu dan dioleskan pada bagian luka sariawan maka bakteri tidak akan menempel di atas permukaan luka sariawan tersebut. Sehingga akan mempercepat penyembuhan dan menghilangkan rasa sakit. Direkomendasikan untuk menggunakannya disaat hendak tidur.

7. Kunyit
Tidak hanya berfungsi sebagai bumbu masakan, kunyit ini juga mampu digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan rasa sakit dibagian lambung dan pencernaan. Tak jauh beda dengan penyakit sariawan. Tumbuk atau blender kemudian oleskan di bagian sariawan.

8. Bawang Putih dan Pepaya
Langsung ditempelkan saja di bagian sariawannya.

9. Mengonsumsi Vitamin
Penyebab sariawan dikarenakan kekurangan vitamin B, Vit C, zat besi dan asam folat.

10. Yogurt
Mengonsumsi Yogurt sangat bermanfaat salah satunya dapat menyeimbangkan kondisi bakteri yang ada di mulut, sehingga cepat atau lambat sariawan pun akan menghilang. Yogurt ini juga mampu mencegah timbulnya sariawan berlebihan.

11. Konsumsi Parasetamol atau Mefenamat
Dalam tindakan antisipasi mencegah penyakit sariawan dan upacaya penyembuhan sariawan biasanya dengan menggunakan obat kumur. Selain itu, parasetamol juga dapat berperan sebagai obat penyegah dan penyembuh penyakit sariawan. Namun, dalam penggunaannya sesuai dengan dosis.
Baca juga artikel kesehatan yang menarik lainnya, cara mengenali varises. Semoga bermanfaat untuk Anda.
Advertisement
 

Start typing and press Enter to search