Tips Stabilkan Sinyal Modem Anda

- Thursday, May 01, 2014
Stabilkan Sinyal Modem - Internet merupakan kebutuhan crusial bagi mereka yang menekuni usaha atau hoby dibidang teknologi. Hal itu bisa dilihat ketika seseorang yang memiliki usaha besar yang membutuhkan koneksi internet, ketika ia tidak memiliki koneksi internet maka mereka akan mengalami kerugian yang cukup besar. Dikarenakan, dengan internetlah mereka bekerja sepanjang hari.

Dewasa ini penggunaan internet juga sudah merembet ke pelosok-pelosok. Modem yang menginduk pada kartu GSM maupun CDMA, karena lebih praktis bentuk dan ukurannya pun sangat minim sehingga mudah dibawa ke mana sesukanya. Hardware modem ini sangat banyak digunakan oleh orang Indonesia sebagai sumber untuk mendapatkan sinyal Internet.
sok desa, yang tadinya hanya penduduk daerah perkotaan saja. Dalam mendapatkan jaringan internet mereka juga memakai beberapa metode, mulai dari memasang sendiri layanan internet di rumah, bahkan sekarang dengan sangat mudah menggunakan signal WiFi atau HotSpot yang biasanya dipasang di tempat keramaian umum, seperti Cofee, Perkantoran, Alun-alun Daerah kabupaten maupun kota. Ada juga yang menggunakan


Kadang-kadang permasalah juga ada, yaitu permasalahan koneksi modem yang tidak stabil membuat kita menjadi kesal. Karena hal yang sedang kita kerjakan sangatlah penting.

Kita bisa melihat apakah modem itu pada posisi sinyal yang kuat atau lemah. Melihat pada nyalanya lampu menandakan koneksi modem kuat berdasarkan network yang ditandai warna biru kuat untuk modem HSDPA. Modem CDMA/3G/UMTS nyala lampu biru laut menandakan koneksi modem sedang. SDGE/CDMA ditandai warna hijau muda menandakan koneksisinyal modem lemah.

Stabilkan Sinyal ModemSetiap teknologi yang dimiliki manusia pasti memiliki keunggulan dan kekurangan. Nah, begitu juga dengan modem. Modem ini memiliki batas jarak, apabila modem itu berada jauh dari tower pemancar sinyal (repeater) maka sinyal internet akan melemah, begitu sebaliknya. Tapi jangan berkecil hati untuk masalah itu, meskipun sinyalnya sedikit tapi kecepatan internet modem Anda tetap stabil. Berikut ini akan sedikit saya beberkan tips menyetabilkan sinyal modem anda:

1. Klik menu Tools >> Options
2. Pilih menu Network pada form di modem Anda
3. Di menu Network ubahlah typenya jadi HSDPA only, 3G obly, atau WCDA only >> OK.

Bila cara ini berhasil maka akan terlihat perubahan pada laman awal modem terutama type sinyalnya. Sebagai tambahan, setiap jenis modem memiliki settingan sendiri-sendiri, meskipun berbeda modemnya, sebenarnya cara di atas bisa diterapkan pada modem yang tak sejenis, tinggal kitanya saja yang jeli mengaturnya, Cuma aplikasinya saja yang berbeda.

Disamping cara yang biasa dilakukan di atas, saya juga ingin share cara lain untuk menstabilkan modem yaitu dengan menggunakan benda-benda yang terbuat dari bahan alumunium atas sejenisnya. Yaitu dengan kaleng bekas susu, panci, alat penggoreng, kawat, alumunium foil dsb. Alat-alat itu sejatinya bisa membatu dalam penangkapan sinyal dan memfokuskan sinyal itu terhubung dengan modem yang sedang dijalankannya. 

Cara pemakaiannya, jika Anda memakai panci maka taruhlah modem yang Anda gunakan kedalam panci tersebut, supaya modem itu terletak di tengah-tengah lubang panci sehingga sinyal akan bermuara di dalam panci tersebut dan memfokuskannya ke dalam modem Anda.

Demikian dahulu yang dapat saya share, semoga bermanfaat bagi kita mengenai tips stabilkan sinyal modem Anda. Baca juga artikel lain caramengembalikan kontak BB yang hilang dengan mudah dan Intelrilis Driver Ethernet Controller versi 19.0
Advertisement
 

Start typing and press Enter to search